Minggu, 24 Januari 2010

Pelajaran Hari Ini


Oleh Andika Kurniawan

Pulang tadi..senang sekali, lihat anak2 ojek payung yang lari2 kedinginan..pulang cepet karena dosen sedang ada urusan, lega karena bisa mengerjakan hal lain dirumah...
ada satu yang berkesan..
waktu tadi pulang, saya mencari ojek payung untuk mengantarkan ke mesjid .. maklum hujan deras sekali dan saya selalu membawa peralatan elektronik peka air..jadi agak hati2..orang lain bolehlah hujan-hujanan tapi klo saya gengsi hujan2an jg trus peralatan rusak siapa peduli.
Muncul seorang laki2 (bapak2 sebenarnya) menawarkan payung untuk mengantarkan saya. Dari performance nya dia 'nggak pantes jd ojek payung',tapi dia berkata : "sudahlah pak..pakai saja, saya tidak akan malu bekerja seperti ini",
Saya ingin menjawab :"oke lah klo begitu"..tapi nggak jadi, hanya senyum saja... tapi dalam hati saya sangat senang, tidak terlintas sedikitpun perasaan utk mengejek yg ada adalah kagum.Entah mengapa dari dulu saya mengagumi orang2 yg bertanggung jawab, komitmen, dan ikhlas selalu menempatkan tuhannya dalam prioritas apapun.
Bapak ini terlihat bertanggung jawab terhadap keluarganya......(daripada
gengsi tapi nganggur..atau minta2).
Saya pun sampai di Mesjid,dan menanyakan ongkosnya, bapak itu bilang :"berapa saja yang bapak kasih, saya terima"...lalu beliau pun mengucap terimakasih dan berlalu...
Jadi teringat masa2 SMA dulu....
punya teman yang suka bawa2...material bangunan didepan sekolah, ada juga yang suka cari2 barang bekas...atau jual barang bekas ke teman2 sekolah....
beberapa teman tertawa mengejek..tapi bagi saya mereka orang2 hebat..,sekarang mereka punya usaha masing2..dan teman2 yang mengejek..maaf sampai sekarang saya lihat mereka belum punya 'nama'.
Apa yang bisa dibanggakan karena semua yang kita punya hanya titipanNya, apalagi kita hanya numpang dari fasilitas org lain misalnya (minta uang terus kerjaannya sama ortu tapi gayanya selangit, kerja belum ngabisin duit aja).
ketergantungan bisa membuat kita begitu rapuh,terbiasa memakai topeng.
Biarkan diri kita menghadapi semua masalah yang akan menghadang cita2..agar kita benar2 kuat. Karena kitalah yang paham akan keinginan, biarkan makin paham. Kita perlu iri dengan orang2 bermental baja menghadapi kehidupannya, jikapun impian tak terbayar, kita tetap bisa berdiri tegak..karena lelah dan airmata akan dibayarNya. Dan kita takkan menyesal karena kita telah berusaha maksimal. Minimal kita tahu Alloh telah menghitung semuanya sebagai amal tak terkira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar